Who is Ilham Kape?

Hola!

Di suatu siang saat matahari cukup terik, seorang wanita yang sedang hamil 9 bulan saat itu merasakan ada yang tidak enak dari dalam perutnya. Rasanya seperti ada yang mau keluar tetapi bukan feses atau air kencing. Yang keluar saat itu adalah seorang bayi laki-laki karena punya ‘burung’. Ya, itu burung gue, eh, maksudnya itu adalah gue yang lahir. Tepat tanggal 10 Mei 2000 gue lahir ke bumi ini.

Sempat kebingungan ingin memberi nama apa, akhirnya dipilihlah nama Ilham Kusumaning Pratama karena jika Justin atau Michael terlalu kebarat-baratan. Ilham itu diambil dari kata ‘Ilham’ yang memiliki arti keberkahan atau keberuntungan. Kusumaning diambil dari nama gabungan kedua orang tua gue, pokoknya kalo disingkat jadinya itu, deh. Pratama digunakan karena gue anak pertama. Kalo digabungan jadinya anak yang berkah dari kedua orang tua gue yang pertama. Eh, gak tau juga, deh. Pokoknya nama gue itu aja. 😀

Gue lupa bagaimana rasanya setelah lahir, singkat cerita kata nenek gue dulu gue pernah dibawa pulang kampung naik kereta api waktu berumur 1 bulan. Kemudian di umur 1 tahun gue sudah diajak untuk naik kapal laut ke Bengkulu. Wah, memang cukup menantang kehidupan gue sejak kecil.

Singkat cerita, gue memulai pendidikan di Taman Pengajian Al-Quran dekat rumah dan dilanjutkan ke Taman Kanak-Kanak dekat rumah juga yang mungkin gue kasih tahu lo juga gak akan tahu. Gue pun memulai sekolah dasar di SDN Ciracas 11 Pagi, ini bisa dicari di internet. Setelah lulus dengan predikat 3 besar lulusan terbaik, gue melanjutkan pendidikan di SMPN 9 Jakarta.

Di SMP gue bisa dibilang memulai banyak sekali percobaan. Coba deketin cewek walaupun gagal, coba belajar motor yang berhasil sampai sekarang, sampai coba menjadi anak yang malas dan kemudian dipanggil guru Bimbingan Konseling (BK) karena nilai gue turun. Ya, sangat penasaran gue saat di SMP.

Gue pun melanjutkan sekolah ke SMAN 105 Jakarta dengan nilai yang cukup. Kebetulan SMP dan SMA gue ini sebalahan lokasinya. Jadi, banyak sekali kenangan di SMP yang mudah gue ingat dan ada beberapa tukang jajanan depan sekolah yang gue kenal. Salah satunya adalah tukang cireng isi depan sekolah yang menjadi sohib gue karena dulu ketika SMP pernah praktik bikin cireng.

Tingkat penasaran gue lebih tinggi lagi di SMA. Banyak hal yang gue lakukan di masa-masa ini. Mungkin, kalau gak gue coba akan menyesal seumur hidup karena penasaran. Sangking banyaknya, gue akan kasih tau pengalaman terbaik gue, yaitu bisa menjadi pribadi yang gampang kenal sama orang lain dan mudah terbuka. Dulu ketika SMP gue amat sangat pemalu tetapi di SMA berubah hampir liar. Ah, pokoknya kenangan manis itu ada di SMA, deh. Bukan hanya soal percintaan tapi pertemanan dan yang paling penting persahabatan.

Ketika lulus-lulusan, gue bingung mau melanjutkan kemana karena gue mengalami penolakan sebanyak 5 kali. Setelah perjalanan yang cukup panjang dan pelik, akhirnya gue diterima di Politeknik Negeri Jakarta program studi (prodi) Teknik Multimedia Digital. Awalnya gue sempat ragu karena basic dari prodi ini adalah menggambar soalnya gue enggak ada bakat gambar sama sekali. Namun, ketika sudah dijalani sejauh ini aman-aman aja. Cuma ada dua semester yang menggambar manual. 😀

Dari prodi yang gue jalani itu, gue jadi lebih mahir urusan desain, foto, video, motion graphic, coding, serta pembuatan game. Ya, ternyata prodi yang gue ambil ini cukup luas apa yang dipelajari. Karena dibawahi jurusan Teknik Informatika dan Komputer, ada beberapa ilmu komputer basic yang gue pelajari. Selebihnya fokus ke multimedia. Oh iya, tingkat gengsi di prodi gue adalah ketika lulus harus bisa membuat animasi 2D atau 3D, aplikasi atau game yang dapat digunakan oleh banyak orang. Cukup asyik, seru, dan menarik tetapi pusing juga, euy, kalau lagi deadline.

Gue juga mendapatkan ilmu di bidang jurnalistik walaupun bukan jurusan gue karena organisasi yang gue ikuti berfokus sebagai media kampus. Cukup tahu sedikit tentang media kampus dan media yang ada di Indonesia. Selain itu, dari organisasi itu gue juga mendapatkan ilmu lebih tentang dunia tulis-menulis.

Itu dia sedikit cerita tentang perjalanan gue dari lahir sampai sekarang. Untuk kesibukan gue sekarang paling hanya menjalani kuliah setiap harinya dan kadang sibuk dengan organisasi yang alhamdulillah gue diamanahkan sama teman-teman gue untuk menjadi Redaktur Pelaksana lembaga pers kampus gue, yaitu Badan Otonom GEMA Politeknik Negeri Jakarta.

Selain itu juga paling waktu gue untuk menulis blog ini di waktu luang dan senggang. Sempat berencana membuat vlog, namun karena kesibukan kuliah sudah cukup menyita waktu jadinya di-pending terlebih dahulu. Lagi pula juga youtube gue sedang di-suspended. Sedih.

Oh iya, demi sesuap nasi dan untuk menambah uang jajan supaya bisa membeli kopi, gue mencoba berjualan sepatu lokal sebagai dropshipper. Kalian bisa liat instagram-nya, @kaki.shoestore. Ada juga custom dompet kulit yang gue jual di akun shopee gue, yaitu KapKap Store.

Tambahan, gue juga menjual sambal pecel khas Madiun yang mana ini sebenarnya adalah dagangan nyokap gue. Istilahnya gue sebagai tim marketing-nya, lah, gitu. Buat yang mau pesan bisa langsung cek instagram-nya, yaitu @sambalpecel.mbakning.

Cukup sekian sedikit perkenalan dari gue, Ilham Kape. Lo bisa panggil ‘Ilham’ atau ‘Kape’. Untuk kalian yang mau berkenalan lebih jauh dan lebih dekat, atau mau bekerja sama sesuatu sama gue bisa langsung hubungi gue via email: ilhamkusumaning10@gmail.com.

Salam hangat dan manis,

Ilham Kape


Kadang, untuk mengisi waktu luang gue suka mengikuti beberapa seminar atau event gitu. Ya, kadang. Gue mau kasih tahu ke kalian beberapa sertifikat yang pernah gue dapatkan. Sertifikat ini gue dapatkan karena gue pernah mengikuti suatu event sebagai peserta atau kontributor. Berikut adalah kumpulan sertifikatnya dari berbagai bidang yang gue minati. Diurutkan dari yang terbaru.