Setengah Perjalanan Ramadhan di Tengah Pandemi

Tak terasa, sudah setengah bulan kita menjalani bulan Ramadhan tahun ini. Tahun yang amat sangat mengesankan menurut gue. Banyak sekali hal, baik itu suka maupun duka di tahun 2020 ini. Dimulai dengan banjir di ibukota, lalu dilanjutkan sekarang, pandemi virus yang tidak kelihatan wujudnya tetapi sangat mematikan. Sedih? Pasti. Tapi, hidup harus terus berlanjut.

Seperti halnya di bulan Ramadhan kali ini. Kita tidak boleh melakukan hal yang membuat kita malah semakin tertekan. Walaupun mungkin di antara kita sudah sangat bosan karena lebih dari sebulan di rumah aja, tetap sabar. Pandemi ini pasti akan berakhir. Badai pasti berlalu.

Sebaiknya kita harus bisa membuat Ramadhan di rumah aja semakin seru. Ya, lebih baik lagi kalau ibadah kita juga meningkat. Gue adalah orang yang cukup bosan untuk di rumah aja. Seminggu, sih, masih oke. Tapi, lebih dari itu, udah uring-uringan. Mensiasatinya pun gue juga kadang bingung melakukan apa buat ngelawan kebosanan ini. Apalagi, di bulan Ramadhan karena tubuh kita berpuasa membuat rasa malas akan semakin menjadi.

Tapi, gue akan menyarankan ke kalian beberapa hal yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan saat pandemi ini. Btw, gue hanya menyarankan aja, ya, bukan berarti gue melakukannya. HEHE.

Puasa

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi umat musllim selain sholat 5 waktu di bulan Ramadhan adalah berpuasa. Kegiatan puasa ini bisa kalian lakukan, selain menambah ibadah, bisa juga sebagai usaha diet secara alami. Oh iya, puasa ini bisa dilakukan tidak hanya untuk umat muslim saja, ya. Apapun kepercayaan kalian, bisa ikutan puasa khususnya di bulan ini. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa puasa itu baik untuk kesehatan.

Tadarus

Buat kalian yang muslim, bulan Ramadhan adalah bulan ladangnya pahala. Banyak kejadian-kejadian besar yang terjadi di bulan ini, salah satunya adalah turunnya Al-Quran. Makanya, kegiatan tadarus bisa menjadi kegiatan kalian untuk mengisi waktu luang. Gue pernah dengar dari salah satu ustadz di masjid dekat rumah gue, bahwa ketika kalian membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, pahala kalian dilipatgandakan. Sungguh sangat berkah bukan?

Ngomong-ngomong, selain membaca pun memahami apa yang dibaca juga, ya. Gue kemarin sempat melihat video dari Najwa Shihab bersama ayahnya, yaitu Quraish Shihab. Di situ disebutkan bahwa lebih baik kalian dikit tapi paham daripada berlomba-lomba untuk khatam. Baca saja tanpa paham itu bagus tapi bukan itu yang dimaksud dengan tadarus.

Yuk, di waktu luang sekarang kita lebih pahami lagi lebih dalam tentang kitab suci Al-Quran!

Nonton Film

Mengisi waktu luang di bulan Ramadhan, salah satunya adalah dengan menonton film. Waktu akan tidak terasa berjalan, tiba-tiba sudah lebaran saja sangking tidak terasanya. Eh, gak gitu juga kali.

Apalagi kalau filmnya cukup seru sampai lupa waktu. Kita nonton dari sahur sampai sahur lagi. Ternyata, filmnya itu film kehidupan. Selama kalian hidup filmnya masih terus berjalan. Gak lucu? Tentu saja, HEHE.

Alangkah baiknya, kita menonton film yang cukup berfaedah seperti film tentang kisah nabi atau film yang menambah keimanan kita. Selain terhibur juga bisa menambah pahala jika kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dari misalnya kisah nabi yang kita ikuti.

Tidur

Ya, tidur. Daripada kalian bingung ingin melakukan apa, tidur adalah kegiatan yang bisa dilakukan. Sebab tidur adalah salah satu kenikmatan dunia. Di bulan Ramadhan ini juga katanya tidur itu dianggap ibadah. Asyik bukan hanya dengan tidur bisa dapat pahala? Tapi, jangan lupa ngelakuin ibadah wajib dulu baru tidur. Percuma ngelakuin tidur supaya dapet pahala tapi ibadah wajib ditinggalin. Sama aja isi air di bak yang bolong. Gak akan ke isi itu bak.


Itu aja saran kegiatan yang bisa kalian lakukan. Tidak banyak tetapi cukup bermanfaat. Tebak, dari empat kegiatan di atas kegiatan apa yang sering gue lakukan?

Sekian tulisan dari gue. Semangat untuk teman-teman yang menjalankan puasa. Semoga ibadah kita di tahun ini diterima oleh Allah SWT. Btw, gue sedih gak bisa mudik. Padahal mau liat sawah. 🙁

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *