Prinsip dan Komitmen dalam Hidup Kita Itu Penting

Gue adalah orang yang suka gak enakan. Ya, entah kenapa gue sering melakukan hal itu, padahal itu dapat menyiksa gue dan orang lain. Sampai akhirnya pada suatu hari terdapat puncak kesalahan gue yang suka ‘gak enakan’ sama orang lain, yaitu pacar gue sendiri yang kesel karena terkesan menolong terpaksa. Gue langsung introspeksi diri gue sejenak mengapa bisa seperti itu.

Lalu, gue pun menyadari bahwa gue merupakan orang yang kadang suka mengubah sesuatu hal yang sudah gue ucapkan karena ada pengaruh dari lingkungan gue. Entah itu pengaruh ucapan orang lain, situasi maupun kondisi. Akibatnya, banyak orang yang tidak percaya sama gue atau yakin sama gue terhadap apa yang gue ucapkan. Bukannya baik malah menjadi buruk.

Setelah gue pikir-pikir ulang, bener juga ternyata kadang gue sering begitu. Sudah memilih A tetapi karena ada pengaruh dari orang lain berubah menjadi Z. Apalagi, kadang ada iming-iming gak enakan dalam diri gue yang sering muncul, jadinya susah buat memiliki prinsip.

Sampai-sampai, gue mencoba untuk konsultasi dengan grup mental health bagaimana caranya agar prinsip tidak mudah terombang-ambing. Jawaban dari grup tersebut adalah memang sulit menetapkan prinsip dan komitmen dalam diri kita, bukan berarti tidak bisa. Namanya hidup kan pasti belajar.

Dari banyaknya jawaban yang ada saat itu, gue menyimpulkan cara agar kita memiliki prinsip dan komitmen, ya, dari diri kita sendiri memantapkan pilihan kita agar tidak ada pengaruh dari lingkungan kita. Kita juga bisa catat atau buat perencanaan sesuatu agar prinsip kita lebih matang sesuai rencana.

Maka, yuk sama-sama perbaikin diri kita menjadi lebih baik. Sebab, siapa lagi yang memperbaiki diri kita kalau bukan kita sendiri. Komitmen itu penting dalam hidup kita untuk menentukan kita mau kemana karena hidup itu pilihan. Semoga, kita semua bisa punya pilihan terbaik.

Sekian.

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *