Pertama Kali Puasa

ERBIL, IRAQ – MAY 5 : Muslims perform tarawih prayer on the eve of the holy month of Ramadan at Jalil Khayat Mosque in Erbil, Iraq on May 5, 2019. (Photo by Yunus Keles/Anadolu Agency/Getty Images)

Puasa, salah satu rukun Islam. Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat berpuasa untuk teman-teman semuanya, ya. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin. Semoga juga puasa tahun ini bolongnya sedikit, ya.

Selain rukun Islam, puasa itu memiliki arti untuk menahan diri. Bukan hanya menahan diri dari makan dan minum tetapi juga menahan diri dari kegiatan negatif lainnya. Kegiatan yang halal seperti makan dan minum saja harus ditahan, apalagi yang haram?

Ngomong-ngomong, kalian ingat tidak, sih, kapan pertama kali puasa? Jika kalian bertanya kepada saya, tentu saya juga tidak ingat. Kalau tidak salah saat saya duduk di bangku sekolah dasar, saya baru mulai melakukan ibadah puasa.

Dimulai dari puasa setengah hari dulu, ikutan sahur, kemudian buka pada pukul 12 siang dan lanjut puasa kembali sampai puasa full dari Subuh sampai Magrib. Dulu, awal-awal puasa saya sedikit-sedikit sudah resah karena haus, bahkan saya pernah buka padahal waktu masih belum menunjukkan pukul 12 siang. Pernah juga buka pada pukul 2 siang karena sudah tidak kuat. Maklum, namanya juga anak-anak. Kalau sekarang, malu ingin melakukan kegiatan tersebut.

Seumur hidup saya selama 19 tahun ini, saya baru beberapa kali saja puasa penuh selama satu bulan. Ya, bisa dihitung jari, lah. Entah kenapa setiap tahun ada aja hal yang membuat puasa saya bolong. Entah karena sakit, lah, atau hal lain.

Btw, umur saya baru saja menginjak 19 tahun pada tanggal 10 Mei kemarin. Berbeda dari tahun sebelumnya, ulang tahun kali ini pada saat bulan Ramadan. Saya senang. Peluang untuk traktir teman-teman sedikit karena lagi berpuasa. Kalau mau traktir pas buka bersama, sulit untuk menentukan waktunya. Jadi, uang aman saja. Hehe.

Kembali ke topik. Apakah kalian ada yang sama seperti saya? Puasa full satu bulan hanya beberapa kali saja? Kalau cewek, bisa dipastikan tidak full karena ada tamu yang hadir setiap bulannya. Kalau kalian laki-laki apakah ada? Bila tidak, bisa dong kasih saran ke saya dan teman-teman yang mungkin masih bolong ketika puasa agar puasanya bisa full satu bulan. Bagaimana cara pola makannya dan jaga kesehatan, serta jaga hawa nafsu untuk tidak makan di siang hari. 😀

Suara Adzan Magrib adalah sebuah seruan kemenangan bagi kita yang berpuasa karena saat itu kita bisa minum dan makan kembali setelah menahan diri selama lebih dari 12 jam. Dilanjutkan dengan ibadah tarawih setelah sholat isya membuat bulan Ramadan penuh keberkahan.

Mungkin, ada yang mengira di postingan ini saya bercerita tentang puasa pertama saya di tahun ini, padahal tidak, hehe. Atau kalian tidak mengira seperti itu, ya, sudah, tidak apa-apa. Selamat berpuasa semuanya. Sukses! 🙂

Sumber gambar postingan: http://time.com/5583680/ramadan-2019-guide-date-greeting/

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *