Merapikan Kategori Blog pada WordPress dengan Cepat

Iya, judulnya clickbait, yaitu Merapikan Kategori Blog pada WordPress Dengan Cepat. Sengaja. HEHE.

Gak tahu kenapa akhir-akhir ini gue menjadi sering nulis dan update blog. Mumpung lagi rajin-rajinnya, gue mau kasih tau sedikit informasi perubahan yang ada di blog gue. Mungkin ini gak terlalu penting tetapi gak apa-apa, sekadar informasi aja buat kalian semuanya. Supaya lebih bermanfaat, gue akan memberikan tutorial sedikit cara mengubah kategori postingan WordPress dengan cepat.

Perubahan yang gue lakukan adalah categories pada blog gue. Jadi, categories atau kategori itu adalah penyusunan atau pengelompokkan kategori setiap postingan yang gue buat. Awalnya ada banyak kategori di blog gue. Setelah gue pikir-pikir, alangkah baiknya gue pangkas karena beberapa kategori, tuh, isinya sama.

Itu adalah tampilan kategori yang ada di blog gue. Awalnya itu ada #CADELSTORY, 20’s Diary dan Daily Life. Awalnya ketiga kategori tersebut memiliki konsep tersendiri, seperti #CADELSTORY isinya cerita kehidupan gue yang tanpa huruf ‘R’, 20’s Diary yang isinya diary gue di umur 20 tahun, dan Daily Life yang isinya merupakan cerita sehari-hari. Menurut gue, konsep utama dari ketiga kategori itu memiliki persamaan, yaitu bercerita. Maka dari itu, gue memangkas kategori tersebut menjadi masuk ke Story aja. Lagi pula, enggak konsisten juga setiap kategori itu alias jarang nulis.

Supaya kalian lebih kenal dan lebih dalam dengan blog gue, gue akan menjelasan sedikit apa, sih, makna di balik setiap kategori blog gue. Sebelum itu, blog ini merupakan catatan kecil gue. Jadi, semua konten yang ada itu apa yang mau gue tulis aja dana hanya sekadar berbagi cerita kepada kalian semua. Namun, jika ada yang bertanya apa, sih, genre blog gue, genre blog gue lebih ke lifestyle keseharian gue seperti apa.

Berikut adalah beberapa kategori yang ada di blog gue beserta penjelasannya.

Bisnis dan Keuangan: Pada kategori ini, gue akan berbagi sedikit dan apa yang gue tahu tentang bisnis yang mudah dijalankan atau bisnis yang lagi tren atau bisnis yang memiliki potensi keuntungan besar. Selain itu, gue juga akan berbagi sedikit tentang keuangan, seperti cara mengatur uang, menabung dengan mudah dimana, cara membeli reksadana atau yang lain. Intinya, gue tidak mau menggurui di sini tetapi kita saling sharing aja. Soalnya gue juga bukan anak ekonomi atau akuntansi. Jadi, gak terlalu paham soal itu semuanya.

Blog: Kategori ini akan berisi postingan tentang informasi blog gue, seperti template baru atau sub-domain baru atau informasi lain yang gak jauh dari blog ini. Tidak hanya itu, mungkin ada tutorial atau cara-cara mengatur blog terutama WordPress, akan gue bagikan di kategori ini.

Blog Competition: Untuk menambah pengalaman dan uang jajan, gue akan mencoba mengikuti lomba blog. Postingan lomba yang gue buat akan masuk kategori ini. Doain, ya, semoga tiap Ilham Kusumaning ikutan lomba blog menang. Aamiin.

Campaign: Tak jarang ada beberapa brand yang mengajak kerja sama dengan bloger untuk suatu campaign. Sejauh ini, baru ada satu instansi atau brand yang mengajak kerja sama bareng gue di suatu campaign. Bisa dilihat campaign apa pada kategori ini. Kurang lebih, isinya adalah postingan berbayar. 😀

Fashion: Sama seperti bisnis dan keuangan, pada kategori ini gue akan berbagi cerita saja tentang fashion, seperti berpakaian yang rapi saat sekolah, jenis pakaian yang cocok untuk pria, atau yang lainnya. Intinya, kita sharing aja di sini.

Opini: Di kategori ini, gue akan memberikan opini gue terhadap suatu isu. Sejauh ini, sih, baru satu karena sebelum kita beropini harus ada data dulu. Kenapa harus begitu? Agar tidak salah omong dan menimbulkan hoax.

Story: Tidak perlu gue jelaskan lebih panjang, pada kategori ini gue akan berbagai cerita. Bisa keseharian gue, pengalaman gue, atau urusan pribadi gue yang lain yang masih bisa diceritakan. Kategori ini adalah salah satu tujuan utama gue membuat blog ini, yaitu berbagi cerita.

Tips: Gue bukan dokter atau dukun, tips di sini adalah tips yang gue baca dari beberapa referensi. Awalnya, sih, sesuai dengan kondisi sekarang aja, seperti tips olahraga, tips makan sehat atau yang lain. Pokoknya gue akan meberikan tips untuk yang lebih baik kepada kalian semua di postingan ini.

Travel: Kategori ini berisi cerita jalan-jalan gue kemana-kemana. Semoga aja postingan di kategori ini semakin banyak karena sekarang sedang pandemi, jadi jalan-jalan jauhnya di-pending dulu. HEHE. Oh iya, tahun depan rencananya gue mau melakukan nanjak gunung perdana. Semoga aja terealisasi dan bukan hanya satu gunung yang bisa gue daki, minimal 2 atau lebih. Aamiin.

Uncategorized: Dulu, sebelum fokus nge-blog di WordPress, gue asal posting aja tanpa memilih kategori. Ternyata, ada otomatis pembuatan kategori jika tidak dimasukan kategori, yaitu Uncategorized. Jadi, kategori ini berisi postingan yang tidak memiliki kategori. Kebanyakan, sih, postingan lama karena dulu gue asal posting dan berbagi cerita aja.

Nah, itu dia kategori yang ada di blog ini. Kemungkinan akan bertambah atau berkurang. Gue, sih, ingin menambahkan kategori Review untuk menulis ulasan suatu karya, seperti film atau buku. Tapi, kayaknya nanti dulu aja *calon-calon gak jadi kayak yang udah-udah :D*.

Walaupun sudah memiliki kategorinya masing-masing, tak jarang gue juga akan tetap menggunakan dua atau lebih kategori di tiap postingan. Itu semua tergantung pada konten yang ada di dalam postingannya, seperti postingan ini, bisa cuma Blog, bisa juga masuk ke dalam Tips. Tapi, gue akan memasukkan ini ke dalam Blog aja. Kenapa? Gak apa-apa.

Seperti pada judul di atas, sebelum mengakhiri postingan ini gue akan memberikan cara mengubah kategori postingan WordPress dengan cepat. Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan WordPress kalian sudah update yang paling terbaru.

Kedua, buka menu post pada Dashboard WordPress Admin, seperti pada gambar berikut.

Ketiga, pindahkan kursor ke salah satu judul postingan. JANGAN DIKLIK! Tapi, arahkan saja kursor ke judul. Nantinya, di bawah judul akan muncul beberapa menu pilihan. Perhatikan gambar berikut.

Klik Quick Edit, jangan judulnya, ya.

Keempat, pilih Quick Edit dan nanti akan muncul menu edit postingan secara cepat.

Kelima, pada bagian Categories, kalian bisa pilih mau ubah Categories atau kategori dari apa menjadi apa. Setelah itu, klik Update di pojok kanan bawah menu Quick Edit.

Selesai.

Cukup mudah bukan? Tanpa perlu membuka postingan secara utuh kalian dapat langsung mengubah kategorinya. Selain itu, kalian juga bisa ubah judul, link, tanggal terbit, tag, dan lain-lain.

Mungkin, cukup sekian informasi dari gue. Semoga bermanfaat dan semoga gue makin rajin lagi nulisnya. Jika ada saran atau pesan bisa tulis di kolom komentar. Oh iya, kalian juga bisa komentar secara anonim, loh. HEHE.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Mari kita doa bersama agar pandemi ini segera berakhir. Aamiin.

Sekian dan terima kasih.

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *