Covid-19, Lawan!

Sampai tulisan ini diterbitkan, sudah ada 117 orang yang positif Covid-19 di Indonesia. (REUTERS/Dado Ruvic)

Indonesia, bahkan dunia, akhir-akhir ini sedang dihebohkan oleh virus yang berasal dari Wuhan, China, yaitu Coronavirus. Virus itu ditemukan sejak akhir 2019. Semakin hari, virus tersebut semakin berkembang dan menimbulkan sebuah penyakit bernama covid-19.

Bagaimana tidak, virus itu dapat mematikan dengan gejala penyakit, seperti flu, demam, sesak napas, dan lain-lain. Mungkin, banyak masyarakat yang tidak mengira bahwa ia memiliki gejala covid-19 karena ciri-cirinya sama seperti influenza.

Alangkah baiknya, sebagai masyarakat kita lebih peka terhadap diri sendiri dan peduli terhadap orang lain. Ketika timbul gejala seperti itu, lo bisa langsung cek kesehatan supaya tahu apakah lo menjadi suspect atau tidak. Atau, mungkin lo bisa isolasi mandiri selama dua pekan di rumah agar tidak ada orang lain yang tertular dan pastinya lo harus jaga kesehatan serta mengurangi interaksi ke orang sekitar lo.

Melihat penyebaran ini, gue pribadi cukup kecewa dengan pemerintah Indonesia karena menganggap ‘enteng’ serta seperti ada sesuatu yang ditutup-tutupi, contohnya informasi tentang pasien yang positif mengalami covid-19. Ada apakah sebenarnya? Apakah takut investasi di Indonesia menurun atau ekonomi bermasalah? Kita semua pasti takut, tapi kita lihat mana yang penting dan mana yang genting. Ekonomi penting tetapi nyawa jauh lebih genting.

Parahnya lagi, masih ada konflik politik pada saat situasi seperti ini. Gubernur DKI Jakarta sudah mulai dan bergerak cepat terhadap Coronavirus dengan membuat peta sebaran suspect serta masyarakat yang positif Covid-19 di DKI Jakarta serta membuat situs tentang pasien Covid-19. Tapi, hal itu ditegur oleh pemerintah pusat. Haduh.

Sudah saatnya kita tidak sikut-sikutan. Tapi, mari bahu membahu melawan Covid-19. Tanpa adanya kerja sama, sulit untuk menghilangkan Covid-19. Mari, sembuhkan Indonesia wahai pemerintah, baik itu pusat atau daerah!

Sebagai mahasiswa, adanya Covid-19 ini juga berpengaruh dengan sistem perkuliahan. Banyak sekali kampus yang menerapkan kuliah online atau Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ). Kampus gue sendiri baru menerbitkan surat edaran itu pada 15 Maret 2020 dan mulai menerapkan PJJ pada 17 Maret 2020 sampai 10 April 2020.

Gue tidak mempermasalahkan waktu PJJ tapi bagaimana nantinya sistem yang akan digunakan saat PJJ. Apalagi, kampus gue adalah politeknik yang mana 60% praktik dan 40% teori. Jika sistemnya PJJ, otomatis kebanyakan teori dong?

Sulit memang antara menerapkan PJJ atau tidak tetapi harus. Pihak kampus harus bisa menyiapkan fasilitas maksimal untuk menunjang PJJ, seperti e-learning yang mudah diakses oleh seluruh mahasiswa maupun dosen.

Selain itu, dengan adanya surat edaran yang sudah dibagikan oleh kampus, ada beberapa kegiatan mahasiswa yang di-pending. Kelihatannya sangat sepele tapi cukup membuat pusing mahasiswa yang menjadi budak program kerja (proker) kayak gue ini. Seluruh kegiatan akan gue undur sampai waktu yang ditentukan.

Tanpa mengurangi rasa hormat, mari kita sama-sama untuk lawan covid-19. Bingung bagaimana melawan covid-19? Sebelum melawan untuk orang lain, alangkah baiknya kita lawan untuk diri sendiri terlebih dahulu. Ubah pola hidup kita, dengan cara seperti berikut:

1. Rajin Cuci Tangan

Kelihatannya sepele tapi ini sangat penting karena Coronavirus mudah menyebar bukan dari udara tetapi dari air atau lendir. Jika kita memegang benda yang mana benda itu habis dipegang oleh orang yang mengalami covid-19 kemudian kita makan atau menyentuh anggota tubuh yang berair atau berlendir seperti mulut atau hidung, kemungkinan besar kita dapat tertular.

Oleh sebab itu, sering-sering lah cuci tangan sebelum atau setelah menyentuh sesuatu. Apalagi, wajib sekali cuci tangan sebelum makan dan memegang anggota tubuh bagian wajah. Jangan lupa gunakan sabun saat cuci tangan!

2. Istirahat Yang Cukup dan Makan Makanan Yang Bergizi

Coronavirus mudah menyerang saat tubuh kita dalam kondisi yang kurang fit. Supaya tubuh kalian fit, istirahatlah yang cukup serta makan makanan yang bergizi. Mulai tambah waktu tidur kalian setidaknya satu jam supaya nanti saat bangun kondisi tubuh kalian lebih segar. Makan makanan yang seimbang supaya kebutuhan suplemen untuk tubuh cukup. Jadi, tubuh kalian akan tetap fit.

3. Rajin Berolahraga

Walaupun tidak boleh keluar rumah, alangkah baiknya kita tetap berolahraga di dalam rumah. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup yang ringan tetapi kalian lakukan setiap hari selama minimal 30 menit itu sudah cukup.

Tubuh lo berkeringat dan kalori yang ada di tubuh terbakar itu bisa membuat tubuh lo tetap fit dan semakin sehat. Jangan tidak boleh keluar rumah tapi lo hanya rebahan aja di dalam rumah. Itu malah membuat tubuh lo menjadi tidak sehat karena enggak banyak gerak.

4. Gunakan Masker Jika Sakit

Supaya tidak terkena Coronavirus, salah satu hal yang harus kita lakukan adalah mencegah. Mencegah bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk orang lain. Jika kita mengalami flu atau demam, jangan sampai kita sebar juga ke orang lain. Jaga diri supaya orang terdekat kalian tidak tertular. Gunakan masker adalah salah satu hal yang bisa lo lakukan untuk mencegahnya.

5. Berdoa

Setelah kita ikhtiar melakukan berbagai usaha untuk mencegah, jangan lupa untuk tawakal dan berserah diri kepada Tuhan. Rajin memohon pertolongan dan meminta ampunan kepada-Nya. Berdoa juga agar Coronavirus ini segera hilang dari bumi. Aamiin.


Mungkin itu dia sedikit pandangan gue terkait Covid-19, apa pendapat lo? Atau lo punya suatu tips agar terhindar dari Covid-19? Silahkan tulis di kolom komentar. Mari kita lawan Covid-19 yang dimulai dari diri sendiri sebelum ke orang lain!

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *