Awali Tahun 2021 dengan Bismillah

Bagi seorang Muslim sudah sangat dianjurkan untuk mengawali segala hal dengan bismillah. Begitu pun di tahun ini, awali tahun 2021 dengan bismillah, setelah melewati tahun kemarin yang cukup berat. Namun, sebelum itu, gue mau mengucapkan duka yang mendalam atas kejadian kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Semoga korban cepat ditemukan dan diidentifikasi serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Aamiin.

Turut berduka cita juga untuk Syekh Ali Jaber, salah satu ulama terbaik di negeri ini. Semoga jalan dakwah beliau diterima oleh Allah SWT. Aamiin. Beliau salah satu ulama yang gue suka karena keteguhannya, cara dia berbicara, dan sikap memaafkannya karena beberapa waktu kemarin beliau hampir ditusuk ketika ceramah.

Gue juga mau mengiringkan doa atas kejadian-kejadian yang terjadi di Indonesia awal tahun ini, seperti tanah longsor di Jawa Barat, banjir bandang di Kalimantan, dan gunung meletus di Yogya. Huh. Semoga tahun ini bisa menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Kita harus tetap optimis dan yakin bahwa tahun ini adalah tahun baik dengan usaha yang maksimal.

Terlepas dari kabar duka yang terjadi, kita harus tetap memiliki target di tahun ini. Sudah hal lumrah bukan jika tiap tahun itu banyak orang membuat resolusi? Sayangnya, tak banyak resolusi itu kejadian sesuai apa yang diharapkan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Clinical Psychology, hanya 46% orang yang membuat resolusi tahun baru berhasil. Itu berarti hampir sebagian orang yang menulis resolusi gagal.

Bukan, gue bukan mau menjerumuskan kalian karena adanya jurnal tersebut gak usah bikin resolusi. Justru, dengan adanya jurnal tersebut kita harus membuktikan di tahun 2021 akan berhasil. Bagaimanakah caranya? Gue akan memberikan beberapa tips kepada kalian. Ingat! Ini tips dari gue aja, ya. Kalo menurut kalian kurang sesuai, kita diskusikan saja di kolom komentar. 😀

Tentukan Target Kapan Tercapai

Kenapa resolusi gak pernah tercapai salah satunya karena gak ada target kapan untuk mencapainya. Akibatnya resolusi itu hanya andai-andai saja. Jika kita sudah menentukan target, kita jadi tahu kapan bisa mencapai resolusi tersebut dan apa yang harus kita lakukan. Maka, tentukan target itu cukup penting untuk membuat resolusi kita terjadi.

Catat di Kertas

Mungkin kalian sudah bosan mendengar ini tetapi memang salah satu tips mujarab yang dapat kalian lakukan adalah dengan menulisnya di kertas. Kenapa begitu? Ketika kalian tulis, kalian sudah memiliki niat dan target yang harus dikejar. Kalian juga tahu bahwa apa yang harus dilakukan untuk menggapai target itu. Jika hanya berandai-andai saja tanpa ditulis, bisa lupa di kemudian hari tetapi jika ditulis, kalian akan ingat bahwa pernah menulis itu dan berusaha untuk merealisasikannya.

Letakkan di Tempat Yang Sering Kamu Temui

Setelah menentukan kapan dan menulis di kertas, kita letakkan resolusi tersebut di tempat-tempat yang mudah dibaca oleh kita sendiri. Tujuannya apa? Supaya kita ingat bahwa memiliki resolusi yang harus dicapai. Kalian bisa menaruhnya di cermin atau menjadi wallpaper handphone supaya ingat bahwa kalian punya target.


Nah, itu tadi menurut gue untuk mencapai resolusi yang sudah kita buat. Kalo menurut kalian apa, nih? Yuk, coba share di kolom komentar.

Walaupun Januari sudah lewat 16 hari, gak apa-apa jika kita baru buat resolusi. Intinya, kita harus memiliki target tahun ini yang harus dicapai. Anggap penelitian di awal postingan ini sebagai motivasi bahwa kita bisa membuat resolusi kita terjadi.

Untuk tahun ini, gue kayaknya gak menulis resolusi tahun ini di blog tetapi sudah menuliskannya di jurnal. Ya, gue mau mencoba menulis target dan kegiatan harian di jurnal. Menurut gue, lebih asyik karena tidak harus buka laptop untuk menulisnya. Walaupun begitu, semoga resolusi kita semuanya dapat tercapai, ya. Aamiin.

Mengakhiri postingan, mari kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir. Jangan lupa untuk kalian selalu nerapin protokol kesehatan yang lebih ketat lagi melebihi baju cabe-cabean yang suka bonceng tiga di motor. Jaga kesehatan untuk kalian semua. 🙂

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *