30 Juli 2016, susahngomongr DIRESMIKAN

Halo, di postingan kali ini, gue mau meresmikan bahwa susahngomongr adalah salah satu karya yang akan terus gue hidupkan. Sebelum itu, namanya acara peresmian jadi harus resmi. Anggep aja, ceritanya gue mau ngomongnya di depan banyak orang dan di atas podium.

*naik podium*

*dilemparin botol aqua*

*turun podium*

*naik podium lagi*

*dilemparin tomat*

*baju kotor*

*turun podium lagi, bersihin baju*

*naik podium lagi*

*dilemparin cabe*

*tetap bertahan*

*test mic*

Ekhem.

*dilemparin cabe-cabean*

*tetap di podium, cabe-cabeannya lumayan cakep*

*Oke, waktunya ngomong, cabe-cabeannya simpan dulu*

Assalamu’alaikum wr. wb.

Blog. Blog itu bisa dibilang adalah teman gue setelah gue menjadi anak rumahan. Ya, dulu gue anak campcamp-an yang suka nongkrong di mana aja. Di depan rumah orang, di pinggir jalan, dan di toilet, sekalian buang hajat.

Awal mula gue ngeblog itu adalah ketika kelas satu smp atau kelas 7. Waktu itu, gue buat blog dan isi dari blog itu, semuaaanyaaaaa copas. Mulai dari gambar, tulisan, pokoknya gak ada yang gue ganti sama sekali. Sama. Namanya juga copas.

Tapi, setelah gue baca-baca, kalau kalian mau jadi blogger usahakan jangan copas. Waktu itu karena masih kelas 7, gue bingung. Alhasil, tetep aja gue copas. Sampai tiba lah waktu dimana ada sebuah film Raditya Dika yang baru tayang waktu itu ‘Cinta Brontosaurus’. Kira-kira tahun 2012 lah. Dari situ lah pengalaman baru gue dimulai.

Setelah menonton film itu, gue membeli buku ‘Cinta Brontosaurus’ yang harganya dibawah 20 ribu. Ya, sangat amat terjangkau. Dari situ lah gue mulai kenal blog. Dan dimulai lah gue menulis blog yang isinya adalah cerita kehidupan gue seperti di blog Raditya Dika.

Di akhir tahun 2012 pun gue semakin giat menulis di blog, gue jadi tahu siapa aja blogger yang suka nulis cerita sehari-hari kayak Raditya Dika. Intinya gue mulai tahu sedikit tentang blog itu, sampai akhirnya gue gabung di salah satu komunitas blog yang diikuti juga sama Kevin Anggara. Btw, waktu itu gue ngeblog masih di blogspot, belum di WordPress. Pokoknya, gue mulai menulis diary di blog itu dari tahun 2012.

Di awal tahun 2013, gue ikut kopi darat atau kopdar. Bahasa sehari-harinya kumpul lah. Di situ gue ketemu sama Kevin Anggara pertama kali. Kalau dibedain dulu sama sekarang, beda banget. Tapi, pas gue ketemu, dia udah nerbitin buku, jadinya gue bisa foto bareng, di-mention ke Twitter-nya dia dan di-retweet.

Dari tahun 2013, gue semakin konsisten sampai waktu itu gue ganti domain blog gue jadi ilhamkusumaning.com yang sekarang udah gak tau gimana kelanjutannya. Setelah ganti domain jadi .com, gue pun jadi banyak tawaran job untuk menulis artikel di blog. Alhamdulillah.

Kalau dihitung-hitung, gak rugi deh gue beli domain sama apa hasil yang gue dapatkan.

Waktu pun terus berjalan sampai akhirnya gue bosan jomblo, gue pun coba cari cewek. Ya, gue sok-sokan. Dengan tampang yang pas-pasan, gue mencoba untuk chat salah satu cewek di sekolah gue. Adek kelas. Waktu itu gue masih SMP.

Ketika mau chat cewek adek kelas itu, gue bingung mau bahas apa. Disinilah keuntungan menjadi blogger. Sepik-sepik aja, “Hai, suka baca blog gak?” HAHAHAHA. Begitu lah cara blogger mendapat pacar. 😀

Dan alhamdulillah, waktu pas masih SMP, gue berhasil ngegebet dia. Salahnya gue adalah waktu itu gue ngegebet salah satu cewek yang cakep di bawah angkatan gue. Seharusnya kalo pertama mencoba itu jangan langsung yang cakep kalo kata temen gue. Tapi gak apa-apa, ini hidup gue, gue dapet pelajaran berharga, yaitu pengalaman. Sampai akhirnya gue sama gebetan gue itu lost contact. 🙁

Yaa bayangin aja, tiap ketemu gak pernah negor. Cuma sebatas chat. Namanya juga masih malu-malu tai kuda. 😀

Singkat cerita, alhamdulillah, gue bisa kenalan sama beberapa cewek yang gue suka dengan modus, “Hai, suka baca blog gak?” Ada yang bisa dipacarin, ada yang cuma jadi temen, ada yang cuma adek-kakak-an-zone.

Intinya gue mulai nyaman sama blog, nulis dan yang lainnya. Langsung aja gue ceritain di tahun 2015. Tahun 2015 mungkin tahun yang paling sibuk buat gue karena gue baru masuk SMA, pokoknya ribet. Sampai akhirnya blog gue jarang di-update.

Awal tahun 2016, gue mengalami patah hati. Mulai dari situ gue sempet vakum buat ngeblog. Yaa namanya habis break up. Pokoknya, yaa kira-kira selama sebulan itu gue jadi anak nakal. Bukannya riya atau gimana, senakal-nakalnya gue, gak tau kenapa masih mau sholat walaupun kadang suka telat. 😀

Selama 4 bulan pun gue merasakan fase patah hati. Gue coba untuk move on. Dan ternyata, gak bisa. Gue itu orang yang sulit untuk move on. Kalo udah sayang sama orang, sayang banget.

Sampai akhirnya 5 bulan setelah putus, gue baru bisa mengikhlaskan. Semuanya udah gue ikhlasin. Mikirin mantan? Pasti ada. Nanya ke diri sendiri mantan apa kabar? Selalu ada. Tapi, gue gak akan nanya itu lagi karena sehabis putus, gue yakin, pasti akan kayak orang musuhan walaupun sebelumnya udah bilang, “Gue bakal jadi temen lo, kok” atau apa lah.

Wait, kenapa jadi nyeritain kisah cinta gue, ya? Gue mau ceritain perjalanan gue ngeblog. Sorry sorry. Untuk urusan cinta, pokoknya gue udah move on dari mantan. Terima kasih, mantan, pernah membuat kenangan.

Sehabis putus, di situlah masa labil gue. Gue coba nge-youtube dan lainnya. Gue juga gonta-ganti nama blog. Pokoknya labil. Gue tahu, karena kelabilan gue itu, semua karya gue gak akan bertahan lama. Sampai akhirnya, gue mudik.

Di kampung, gue pokoknya meliburkan diri. Kalo diibaratkan itu kayak lagi upgrade gue yang baru. Setelah pulang dari kampung, gue pun mulai ada rencana-rencana lagi untuk membuat karya.

Walaupun sekarang kelas 11 dan tugasnya, ebuset, gue tetep yakin kalo gue masih bisa sempetin waktu buat berkarya. Gue pun akhirnya membuat blog ini. Tapi, setelah beberapa post gue tulis, belum pernah nih gue meresmikan blog ini. Jadi, dengan adanya postingan blog ini, tepat tanggal 30 JULI itu adalah hari jadi susahngomongr.

*tepuk tangan*

Kalo misalkan gue bikin youtube namanya susah ngomong R, tetep aja hari jadinya adalah hari ini, tanggal 30 Juli.

Kenapa hari jadinya gak di postingan pertama? Soalnya kemarin pemikiran gue masih belum matang. Sampai akhirnya, hari ini pikiran gue udah matang dan gue pun memilih untuk konsisten lagi.

Berhubung dengan diresmikannya susahngomongr blog ini, gue mau memperkenalkan logo dari susahngomongr. Berikut adalah logonya.

1469011683272

Kenapa logonya cuma huruf R yang kayak gitu? Jadi, waktu itu gue tanya ke cewek yang gak tau asalnya darimana, suka dipanggil panci sama gue, gue tanya ada saran untuk logo, dia jawab gimana kalau logonya huruf R tapi R-nya gak jelas. Setelah dipikir-pikir, bener juga, logo-nya R yang belum gak jelas. Jadinya kayak R yang gue ucapkan, belum sempurna.

Gue pun membuat logo dibantu dengan temen gue. Jadinya huruf R yang gak jadi. Bukan gak jadi sih, tapi gak sempurna. Masih ada beberapa atom yang berpencar. #BahasaAnakIPA 😀

Selain itu, peresmian susahngomongr ini juga gue mau kasih sesuatu yang baru buat kalian semua. Blog gue udah gue belikan domain .com. Jadi, lo bisa buka blog gue dengan dua cara, yaitu dengan ketik susahngomongr.com atau susahngomongr.wordpress.com.

Sayangnya, .com-nya masih dalam perbaikan. Tapi tenang, nanti pasti bisa kok jadi susahngomongr.com. Percaya lah.

Mungkin itu aja. Inti dari semua ini adalah SETIAP TANGGAL 30 JULI ADALAH HARI ULANG TAHUN SUSAHNGOMONGR. Dan dengan ini, gue, Ilham Kape, meresmikan bahwa susahngomongr akan terus berjalan! Terimakasih!

*tanda tangan di atas kertas peresmian susahngomongr*

Sebelum turun dari podium, gue mau ucapkan terima kasih kepada Allah SWT karena gue masih diberi karunia untuk berkarya kembali. Terima kasih buat kedua orang tua yang selalu mendukung anaknya ngapain aja, pokoknya hal itu positif. Terima kasih buat temen-temen gue yang udah ngehina gue, yang membuat gue semakin semangat berkarya. Terima kasih buat Rifqi yang membantu gue buat bikin logo dan makasih juga buat Talitha yang membantu gue untuk membeli domain.

Dan beribu-ribu terima kasih buat kalian yang lagi baca ini. Tanpa kalian gue bukan apa-apa. Terima kasih sudah membaca dan komentar. 🙂

Wassalamu’alaikum wr. wb.

*turun podium*

*disambut meriah*

Ya, mungkin segini aja postingan tentang peresmian susahngomongr. Tungguin terus sesuatu yang baru di blog gue karena akan ada banyak sekali sesuatu yang baru di blog ini. Sekian.

You may also like:

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *