20.135: Kulon Lagi di Tengah Pandemi, Ada Yang Beda?

Kembali lagi di blog gue yang ala kadarnya ini. 20.132 kali ini gue akan membahas kegiatan gue sehari-hari yang telah kembali setelah berlibur selama kurang lebih 2 bulan. Ya, kuliah online di tengah pandemi. Siapa yang menyangka juga bahwa di semester ini gue akan tetap kuliah di kamar.

Sebelumnya, gue kasih tahu kenapa namanya 20.132. Jadi, 20 itu adalah angka dari umur gue sekarang dan 135 itu adalah hari setelah umur gue 20. Bahasa gampangnya adalah 20 tahun hari ke 135. Paham? Kalo enggak, ya udah, gak usah dipusingin. Intinya adalah diary gue di umur 20 tahun dan tulisan di postingan ini adalah tulisan keseharian gue. Paham? Enggak? O.

Dimulai hari Senin, 14 September 2020, gue kembali bangun pagi untuk melakukan rutinitas biasanya. Setelah cuci muka pukul 6 pagi, gue lupa bahwa hari itu kelas dimulai pukul 11 siang, alhasil gue pun tidur lagi.

Ketika bangun setelah tidur lagi, gue langsung mempersiapkan diri layaknya kuliah di hari pertama ke kampus. Mungkin, gak semua orang melakukan ini tetapi gue rasa wajib untuk melakukan ini, yaitu mandi pagi. Walaupun kuliah tetap di rumah aja bahkan di kamar, jiwa dan persiapan kita harus tetap seperti sebelum pandemi.

Gue lupa baca dimana tetapi gue pernah baca bahwa Work From Home atau Study From Home ini dikerjakan tidak seperti situasi ketika di rumah tetapi ciptakan suasana seperti di kantor atau sekolah. Cari ruangan yang dapat membuat kita fokus untuk belajar atau bekerja, sarapan jika di hari biasa sarapan, dan mandi. Sebab, yang berubah adalah tempat kita bekerja atau belajar. Dari segi waktunya pun sama, tidak ada yang berubah.

Amat disayangkan ketika masuk kuliah bantuan biaya daring atau kuota dari pemerintah belum turun. Gue dan mungkin banyak teman-teman lainnya belajar masih menggunakan kuota pribadi. Berat? Cukup berat karena tak jarang bisa menghabiskan kuota sebesar 2GB selama sehari.

Tapi, ketika tulisan ini diterbitkan atau ditulis, sudah ada sebagian temen gue yang mendapatkan bantuan kuota, yaitu yang menggunakan provider Indo*sat dan T*ri. Fyi, bantuan kuota ini diberikan hanya untuk beberapa provider saja. Seharusnya, bantuan ini dapat diberikan dan dirasakan oleh seluruh pelajar dan mahasiswa tanpa adanya perbedaan.

Semoga aja bantuan kuota ini dapat dirasakan oleh pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia karena mungkin kita sudah membayar uang sekolah atau uang kuliah yang mana tidak dpaat menggunakan sarana atau prasarana di secara langsung tetapi tetap kita rasakan di rumah, yaitu dengan kuota yang diberikan ini.

Untuk kegiatan gue saat kuliah daring sekarang ada sedikit perbedaan dari semester kemarin. Gue mencoba beberapa hal baru dengan mengikuti tutorial-tutorial yang ada. Sebelumnya, gue mau menegaskan bahwa tulisan ini gak dibayar. Gue mau kasih tahu ke kalian yang mungkin tertarik di bidang desain, Android, atau Web, bisa ikutan kelas di BuildWith Angga.

Ada banyak kelas yang bisa kalian coba di sana terutama di bidang UI/UX Designer, Web Development, Android, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga kelas berbayar dan yang gratis tis tis. Sejauh ini gue baru mencoba melalui kelas gratis dan materi yang diberikan cukup mudah dipahami dan diterapkan sehari-hari.

Mungkin, jika kalian ada rekomendasi website atau channel Youtube yang dapat kita gunakan untuk belajar hal baru, boleh banget di-share di kolom komentar supaya kita bisa mendapatkan pengetahuan di tengah pandemi ini. Jadi, bukan hanya berdiam diri tetapi juga menambah potensi.

Jujur, gue kangen banget, deh, kuliah tatap muka lagi. Pulang malem dari kampus karena rapat, rapat, dan rapat. Atau pulang dari kampus melipir sebentar bercengkrama dan bersenda gurau bersama teman-teman. Yang paling asyik, pulang ke kampus jalan dulu sama pacar, hihi. Kapan, ya, pandemi ini berakhir?

Sekian tulisan dari gue, selamat dan semangat untuk kalian yang sudah sekolah, kuliah atau kerja kembali di tengah pandemi. Jangan kasih kendor untuk pakai masker ketika keluar rumah dalam hal penting, rajin cuci tangan dengan sabun, dan tetap jaga jarak aman.

Semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.

You may also like:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *